Beranda | Artikel
Pengertian Remaja
Selasa, 23 Mei 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Pengertian Remaja merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Ada Apa dengan Remaja. Kajian ini disampaikan pada Selasa ,11 Syawal 1444 H / 02 Mei 2023 M.

Kajian Tentang Pengertian Remaja

Ada istilah remaja disamping istilah-istilah lainnya seperti pemuda-pemudi, atau anak muda. Tentunya mereka bukan bocah, tapi belum juga bisa disebut orang dewasa. Maka muncullah istilah remaja.

Remaja dalam bahasa Arab disebut المراهقة, berasal dari kata رهق yang artinya mendekati. Sehingga dari segi bahasa masa remaja itu berarti usia yang meninggalkan masa kanak-kanak mendekati masa dewasa. Dia belum dewasa tapi mendekati masa dewasa.

Sedangkan menurut ilmu psikologi, remaja adalah munculnya kematangan fisik, intelektualitas, psikologis dan sosial seorang anak. Seorang anak mencapai kematangan yang sempurna di semua sisi biasanya pada usia 20 tahun. Maka biasanya usia remaja itu antara 10 sampai 20 tahun. Adapun 20 tahun keatas dia sudah masuk usia dewasa yang di dalam Islam boleh memegang dan mengelola hartanya sendiri.

Remaja adalah fase antara usia kanak-kanak dan usia dewasa. Fase usia ini disebut juga fase transisi (peralihan) yang mengubah seorang anak yang belum matang baik secara fisik, intelektual, emosional maupun sosial menjadi seorang anak manusia yang berproses menjadi manusia yang sempurna kematangannya.

Kematangan berpikir itu juga disertai dengan kematangan fisik. Dimana orang itu sudah masuk kepada usia baligh. Misalnya dengan mimpi basah pada anak laki-laki dan haid pada anak perempuan. Artinya dia sedang menuju kematangan. Masa ini ditandai dengan usaha seorang remaja untuk mendapatkan jati diri. Dia ingin menjawab pertanyaan siapa aku, bagaimana aku?

Maka satu yang kadang-kadang harus dimaklumi juga bahwa tindakan-tindakan yang terkadang eksplosif dari anak remaja. Karena dia masih mengalami kelabilan berpikir.

Itulah remaja. Maka memang perlu dikawal dari awal masa remaja hingga akhirnya dia sudah menjadi orang dewasa. Kalau dibiarkan maka ini sangat berisiko. Dimasa-masa inilah orang tua sebenarnya harus menempel ketat anak remajanya. Berapa banyak kita lihat anak-anak remaja yang kehilangan arah dan akhirnya menempuh jalan yang salah setelah dewasa karena masa remajanya dibiarkan bebas.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52908-pengertian-remaja/